Pengiriman Object Melalui Socket

Setelah pada artikel-artikel sebelumnya kita mencoba mengirimkan pesan melalui email, pada artikel kali ini akan mencoba mengirimkan sebuah object melalui Socket, dengan menggunakan pemrograman java sederhana, berikut ulasannya.

Sebelum kita mulai kita bahas dahulu apa itu socket. Socket adalah sebuah abstraksi perangkat lunak yang digunakan sebagai suatu “terminal” dari suatu hubungan antara dua mesin atau proses yang saling berinterkoneksi, di tiap mesin yang saling berinterkoneksi, harus terpasang socket.

Langkah 1
Langkah awal yaitu kita buat sebuah file java untuk mengirimkan informasi data pegawai dari suatu aplikasi Client ke aplikasi Server lewat socket, beri nama Staff.java, salin baris kode berikut :

File java diatas berisikan informasi string nama, string divisi, dan umur, program ini yang akan berjalan paling akhir untuk menampilkan informasi pada output.

Langkah 2
Langkah yang kedua yaitu membuat sebuah file java lagi yang berfungsi sebagai Client untuk mengirimkan object yang terdapat pada file ini ke Server, beri nama ObjectClient.java.

Dalam program tersebut berisikan string-string object dari data pegawai, dimana data tersebut nantinya akan dikirimkan ke Server dan ditampilkan oleh file Staff.java

Langkah 3
Program yang terakhir berguna sebagai Server virtual yang akan menerima data dari ObjectClient, buat dengan nama ObjectServer.java

File java tersebut akan menyediakan service dari object yang dikirim oleh ObjectClient untuk diteruskan ke Staff.java untuk ditampilkan dan juga membuka socket untuk jalur komunikasi semua program tersebut, apabila object telah diterima program ini, maka program akan menampilkan pesan Server menerima data pegawai.

S E R V E R
Pada ketiga program ini pertama kita jalankan ObjectServer.java pada komputer server, kompile lalu jalankan file tersebut.

javac ObjectServer.java
java ObjectServer

Seperti tampilan berikut :

C L I E N T
Berikutnya yaitu kita jalankan ObjectClient.java pada komputer client, file inilah yang akan mengirimkan object ke Server untuk diteruskan ke Staff.java untuk ditampilkan.

javac ObjectClient.java
java ObjectClient

Jalankan seperti tampilan seperti ini

O U T P U T
ketika kedua file dijalankan, maka kedua file tersebut akan menampilkan output pada masing-masing command prompt, yang menampilkannya adalah program Staff.java yang terhubung ke Server dan Client tersebut

Tampilan Server
Pesan diterima di server bahwa telah menerima Data Pegawai, kemudian menampilkan isi data pegawai tersebut.

Tampilan Client
Pesan dimunculkan yaitu Client telah mengirimkan data pegawai ke server, lalu menampilkan isi data pegawai tersebut

3 Tanggapan

  1. terimakasih atas infonya ya sobat

    salam kenal

  2. Bagaimana jika mengirim lebih dari satu objek, kemudian Client req salah satu dari objek tersebut ??

  3. terimakasih atas infonya..
    tapi bagaimana kalau dia lebih dari 1 client.. trus dibedakan per class. ada drivernya server dan klien.
    tolong bantu yaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: