Koneksi sederhana Client Server

“Klien-server atau client-server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak: pihak klien dan pihak server. Dalam model klien/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server. Komponen klien juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end. Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna” penjelasan yang diambil dari wikipedia tersebut pada intinya menjelaskan konsep koneksi antara Server dan Client, pada artikel ini akan diterapkan dengan menggunakan program sederhana java, berikut penjelasannya.

Server
Pertama yang kita lakukan yaitu siapkan sebuah PC sebagai server, kemudian siapkan Notepad atau IDE anda, server sendiri berfungsi untuk melayani permintaan data dari Client, berikut programnya :

Program tersebut akan menset komputer anda menjadi server sederhana, yang menyediakan layanan untuk client, lalu jalankan file tersebut :

javac simpleServer.java
java simpleServer

jika sukses maka command prompt akan idle menunggu sementara koneksi dari Client, tampilannya seperti ini.

Client
Selanjutnya kita akan menset komputer menjadi client nya, Client sendiri adalah yang mengkases service ke Server, dia akan mengirimkan request ketika meminta servive ke Client, dan tugas Server lah yang menyediakan Service tersebut.
Selanjutnya siapkan Notepad, IDE, dan sejenisnya, lalu buat file java dengan nama simpleClient.java, dan buat seperti berikut :

Program diatas akan menjadikan komputer tersebut menjadi Client untuk server sebelumnya, kemudian jalankan dengan perintah.

javac simpleClient.java
java simpleClient

Jika koneksi sukses maka akan secara otomatis Server yang tadi menunggu akan terkoneksi ke Client, lalu meminta sebuah kata kunci, apabila kita ketikkan terima, maka koneksi sukses dan di tampilan output akan menampilkan pesan yang sama seperti berikut :

Server Output

Client

Nah jika kedua PC tersebut telah menampilkan pesan yang sama, dan saling membalas message, berarti koneksi kedua PC tersebut sukses, untuk selanjutnya tinggal dikembangkan agar lebih kuat.🙂

Satu Tanggapan

  1. […] Koneksi sederhana Client Server […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: