Cloud Computing

Seiring perkembangan teknologi yang semakin cepat, beberapa teknologi dalam ilmu komputer khususnya makin banyak bermunculan, manusia pun makin dimanjakan dengan kecangihan teknologi ini, hal yang terbaru adalah Cloud Computing, dilihat dari namanya memang sedikit asing, bayangkan saja teknologi komputer akan dijalankan pada awan, namun di jaman sekarang hal tersebut bukanlah mustahil, beberapa individu pun telah menerapkannya, untuk mengenal lebih jauh apa itu cloud computing, mari baca lanjutannya.

Cloud Computing merupakan rancangan teknologi masa depan yang tengah booming belakangan ini, Komputasi awan atau biasa disebut cloud computing merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis Internet. Awan disini adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Cloud Computing adalah suatu metode komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan, sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya.

Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh Cloud Computing :
– Biaya start-up teknologi ini mungkin akan sangat murah atau tidak ada dan juga tidak ada investasi kapital.
– Biaya dari service dan pemakaian akan berdasarkan komitmen yang tidak fix.
– Service ini dapat dengan mudah di upgrade atau downgrade dengan cepat tampa adanya Penalty.
– Service ini akan menggunakan metode multi-tenant (Banyak customer dalam 1 platform).
– Kemampuan untuk meng customize service akan menjadi terbatas.

Kecangihan dan kemudahan yang ditawarkan oleh Cloud Computing bukan tanpa resiko, berikut beberapa resiko yang mungkin terjadi dalam penggunaan Cloud Computing :
Service level – Cloud provider mungkin tidak akan konsisten dengan performance dari application atau transaksi. Hal ini mengharuskan anda untuk memahami service level yang anda dapatkan mengenai transaction response time, data protection dan kecepatan data recovery.
Privacy – Karena orang lain / perusahaan lain juga melakukan hosting kemungkinan data anda akan keluar atau di baca oleh pemerintah U.S. dapat terjadi tampa sepengetahuan anda atau approve dari anda.
Compliance – Anda juga harus memperhatikan regulasi dari bisnis yang anda miliki, dalam hal ini secara teoritis cloud service provider diharapkan dapat menyamakan level compliance untuk penyimpanan data didalam cloud, namun karena service ini masih sangat muda anda diharapkan untuk berhati hati dalam hal penyimpanan data.
Data ownership – Apakah data anda masih menjadi milik anda begitu data tersebut tersimpan didalam cloud? mungkin pertanyaan ini sedikit aneh, namun anda perlu mengetahui seperti hal nya yang terjadi pada Facebook yang mencoba untuk merubah terms of use aggrement nya yang mempertanyakan hal ini.
Data Mobility – Apakah anda dapat melakukan share data diantara cloud service? dan jika anda terminate cloud relationship bagaimana anda mendapatkan data anda kembali? Format apa yang akan digunakan ? atau dapatkah anda memastikan kopi dari data nya telah terhapus ?

Nah itulah sedikit ulasan tentang teknologi terkini Cloud Computing, mudah-mudahan berguna bagi sobat sekalian.

sumber :
Wikipedia
Tekno Info

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: