Role Playing Game (RPG)

Role Playing Game a.k.a RPG bagi Gamers pasti sudah tidak asing lagi, karena game jenis ini merupakan salah satu game favorit di antara banyak game lainnya, RPG sendiri merupakan sebuah game “Imajinasi” yang menuntut pemainnya lebih berfikir jadi tidak cuma sekedar bermain saja dan akhirnya menjadikan game jenis ini lebih menantang dibandingkan jenis jenis game lainnya, untuk lebih jelasnya tentang game ini baca lanjutannya yia🙂

RPG ( Role Playing Game ) adalah sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain memilih aksi tokok-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut, dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari sistem peraturan permainan yang telah ditentukan. Asal tetap mengikuti peraturan yang ditetapkan, para pemain bisa berimprovisasi membentuk arah dan hasil akhir permainan ini.

Dalam sebuah permainan RPG, jarang ada yang “kalah” atau “menang”. Ini membuat permain RPG berbeda dari jenis permainan papan lainnya seperti Monopoli atau Ular Tangga, permainan kartu, olah raga, dan permainan lainnya. Seperti sebuah novel atau film, permainan RPG mempunyai daya tarik karena permainan-permainan ini mengajak para pemain untuk menggunakan imajinasi mereka. RPG biasa lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi. Pada umumnya dalam RPG, para pemain tergabung dalam satu kelompok.

Nah contoh game RPG yang cukup terkenal yaitu Harvest Moon, jangan ngaku gamers deh kalo ngga kenal dengan game yang satu ini, game ini mulai muncul di SNES sekitar tahun 1997, game yang dikenal jepang dengan nama Bokojou Monogatari ini merupakan primadona para pecinta game, terlebih ketika versi Plasystation dengan tema Harvest Moon: Back to Nature dikeluarkan game ini menampilkan apa yang nampaknya sangat digemari oleh para gamers di Indonesia; sebuah game simulasi pertanian dengan tampilan yang imut lengkap dengan tambahan unsur love simulation dalamnya! Harvest Moon: Back to Nature pun menjadi salah satu versi tersukses dalam seri ini yang membuat Natsume tergiur untuk meremake dan merilisnya dalam versi portable di GBA.

Gameplay dari Harvest Moon sebenarnya ngga jauh beda dengan vaersi lainnya, kamu dituntut untuk menanam berbagai macam sayur mayur di ladang anda, merawat ternak anda, memetik hasilnya, dan yang paling seru disini kamu harus memikat salah satu dari 5 gadis yang tersedia, sebenarnya ada 6 jadi angep aja 1 special🙂 sebagai istri anda. Walaupun kelihatannya ngebosenin, kalo belum nyoba mana tau, terlebih jika kamu memang menggemari permainan bertipe simulasi, Harvest Moon cocok banget kayanya, disini kamu tidak hanya melulu di tempat pertanian alias kebun tetapi juga untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan berbagai karakter di kota kamu.

Mungkin pertama, kamu pasti akan sangat direpotkan dengan tugas ini dan itu dalam keseharian kamu. Tetapi intinya bersabar dan terus menjalin relasi baik dengan para sprites, maka dalam waktu singkat kamu akan mendapat banyak pembantu yang siap bekerja bagi kamu. Setelah memeras keringat dalam Spring, Summer, dan Fall (Autumn), maka dalam Winter kamu bisa lihat hasilnya dan mulai bersenang-senang dan mencurahkan waktu untuk menarik perhatian gadis yang paling kamu senengin, semua bebas kamu yang atur, mantep ngga tuh😀 .

Untuk urusan grafis dan suaranya, mungkin Harvest Moon bukanlah yang terunggul dalam bidangnya. Masih ada Golden Sun ataupun Lunar Legends misalnya yang memiliki grafis 2D maupun semi 3D yang lebih mumpuni. Toh, itu tidak berarti Harvest Moon memiliki grafis yang jelek. Hampir keseluruhan dari grafisnya berasal dari game originalnya dengan penurunan kualitas yang tidak berarti. Suara dalam Harvest Moon adalah kelemahan utama dalam game ini. Sangat monoton dan membosankan. Bisa jadi ini adalah satu-satunya hal yang menganggu dalam memainkan game ini. Kita di “paksa” Mendengarkan sebuah lagu yang sama berulang-ulang selama 30 hari (hampir 10 jam) sebelum berganti musik yang lain, dijamin pasti ngebosenin, terus lagi setelah satu tahun berlalu bersiaplah untuk mendengarkan serangkaian lagu yang sama kembali.

Replayability dalam memainkan game ini tergantung dari kamu sendiri. Kalo kamu lebih suka membangun segala sesuatu dari awal? Game ini memiliki replay value yang sangat tinggi bila demikian. Kamu bisa terus mencoba new game dan mendapatkan kondisi pertanian yang berbeda. Walau prinsipnya untuk mencapai kesejahteraan sejatinya sama, kamu bisa menggunakan berbagai variasi yang berbeda untuk melakukannya. Mungkin sekarang kamu ingin memfokuskan menjadi seorang peternak, penambang, atau bahkan penangkap ikan ketimbang seorang petani? atau kamu bosen dengan istri kamu, semua dipersilahkan lengkap untuk kamu.

Secara keseluruhan, Harvest Moon: Friends of Mineral Town adalah sebuah game yang sangat unik. Keseluruhan pengalaman yang ditawarkan mengenai kehidupan di peternakan yang damai masih saja resep yang sukses untuk membuat orang memainkannya.

Oia, bonus satu lagi untuk kamu, jika penasaran pengen nyoba game ini silahkan saja download kemari password nya : http://www.dhitaprianthara.blogspot.com.

Final Result :
Gameplay: 8.0
Graphic: 7.0
Sound: 5.0
Replayability & Value: 9.0

Overall: 7.5

Game Details
Developer: Marvelous Interactive
Publisher Natsume Co
Genre: Simulation

Referensi :
Wikipedia.com
Tukangreview.com

3 Tanggapan

  1. wa suka game ini !! 😉

  2. g bisa bro psw nya

  3. In this gawme made by Vertigo Games, Shockwave annd Java allowed browser games, softs, movies, some cosmetic etc.
    Speak with otgher kids online. It really iss a rubber foot there is any person who plays wwe 2k14 beta keys like that of connecting that cable incorrectly.
    Vlad said the company within a very tender age of the game.
    Joined in his village culture the title of 2010 that Rovio hhad plans to
    cut prices on computers like the Arcade style competition.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: